Air dan Sungai

Konservasi Telaga Buret berbasis Masyarakat

Rusaknya kawasan hutan dikawasan telaga Buret akibat illegal logging tahun 2000an telah menyebabkan hutan gundul, lahan kritis, ancaman kekeringan sumber mata air telaga, hilanganya satwa endemic telaga serta ancaman bencana lingkungan yang lain. Dalam rangka mengembalikan hutan telaga Buret yang hijau dan asri serta penyelamatan sumber-sumber mata air akhirnya PPLH Mangkubumi mendapatkan dukungan pendanaan dari UNDP/SGP Indonesia.

Dalam kegiatan ini PPLH Mangkubumi juga bekerjasama dengan masyarakat kawasan hutan telaga Buret serta pemerintah daerah adapun berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan antara lain; penghijauan lahan hutan seluas 20ha, pembangunan sungai ramah lingkungan, pembangunan padepokan Buret lestari, pembuatan kebun bibit desa, pembentukan koperasi komunitas, berbagai macam training, peningkatan kesejahteraan melalui gaduh bibit sapi dll, kegiatan ini mulai berlangsung tahun 2009-2011.

==================================================================

Sahabat Sungai

Program sahabat sungai adalah kegiatan yang di inisiasi oleh PPLH Mangkubumi untuk mitigasi pencemaran sungai akibat pembuangan sampah maupun limbah yang langsung dialirkan kesungai tanpa adanya IPAL, dampak dari praktik-praktik tersebuat sungai menjadi tercemar, kotor dan menyebabkan pula punahnya species endemic sungai. Adapun tujuan dari kegiatan sahabat sungai adalah menumbuhkan kembali semangat cinta sungai dengan tidak membuang sampah/limbah pada sungai serta memberikan edukasi kepada masyarakat tentang kelestarian sungai.

Dari hasil pemantauan kualitas air sungai pada tahun 2011 pada sungai kota Tulungagung dengan menggunakan metode biologi sebagai indicator kesehatan sungai menunjukkan sungai diperkotaan Tulungagung tercemar berat. Adapun kegiatan sahabat sungai antara lain; konservasi bantaran sungai dengan penghijaun, pemantauan secara berkala kualitas air sungai, mendeklarasikan gerakan stop nyampah dikali, mengidentifikasi jenis invertebrate dan avertebrata sungai, training detektif lingkungan dll. Adapun sasaran program ini adalah generasi muda dan pelajar SMP/SMK/MA/Mts. Kegiatan sahabat sungai ini telah dimulai tahun 2011 sampai sekarang . Dalam menjalankan program ini PPLH Mangkubumi telah melibatkan para pihak baik unsur Pemerintah (BLH dan Dinas PU Pengairan ESDM Tulungagung), Mahasiswa dan para guru di MA/SMK/SMP di Kab. Tulungagung.

Bagikan kalo kamu suka