Penguatan Masyarakat Sipil

Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Berkelanjutan

Dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat hutan dan menjaga keberlanjutan kegiatan, maka PPLH Mangkubumi bersama masyarakat Desa Nglurup Kec Sendang membuat kebun bibit rakyat, sehingga petani tidak kebingunan ketika akan menanam pohon keras maupun buah-buahan. Pengadaan bibit-bibit tanaman tumpang sari yang di tanam di bawah tanaman pokok hutan guna meningkatkan ekonomi masyarakat desa hutan sekaligus dalam rangka untuk memenuhi permintaan pasar lokal. Kegiatan ini dilakukan pada Juni 2013 sampai 2015 dengan swadaya Lembaga Pusat Pendidikan Lingkungan Hudup (PPLH) Mangkubumi bersama masyarakat.

 

Penggalangan Partisipasi Masyarakat

Kegiatan ini dilakukan dengan diskusi, pelatihan, buletin lingkungan, pembentukan kelompok desa hutan sebagai cikal bakal LMDH. Tema-tema diskusi seputar lingkungan dan organisasi, mulai dari permasalahan peningkatan ekonomi, hama tanaman, dan manajemen organisasi. Khusus tentang masalah ekonomi yang selalu didiskusikan adalah budi daya tanaman, alam yang mulai rusak (baon) dan hutan desa yang tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal.

Diskusi tentang tentang pertanian organik dan pemanfaatan kesuburan lahan baik milik perhutani maupun desa dibuat dalam beberapa kelompok tani dan berkumpul dua minggu sekali. Masing-masing kelompok saling membantu dan bekerja sama dalam mengelola hutan desa secara bergilir. Kegiatan ini dilaksanakan pada awal tahun 2007-2010 dengan swadaya lembaga PPLH Mangkubumi bersama masayarakat sekitar hutan.

Need Assessment dan Perencanaan Program

Need assessment dan perencanaan program merupakan  kegiatan berupa penggalian data dan penyusunan rencana kegiatan bersama masyarakat yang bersifat partisipatif. Kegiatan ini meliputi survey dan observasi, pertemuan warga,  diskusi kelompok, lokakarya, studi banding, FGD, dan serta monitoring dan evaluasidesa secara bergilir. Kegiatan ini atas kerjasama dengan GEF UNDP Indonesia atas kepeduliannya terhadap penyelematan telaga buret yang kondisinya semakin memprihatinkan. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Januari 2008-Maret  2008

Bagikan kalo kamu suka